Rabu, 25 Maret 2009

SPΩWN'S SΩNCTUΩRY

My Review


ReviewReviewReviewReviewReviewPay money To my Pain - after you wake upMar 22, '09 10:19 PM
for everyone
Category:Music
Genre: Hard Rock & Metal
Artist:Pay money To my Pain
Pay money To my Pain [juga dikenal dengan sebutan P.T.P], salah satu band rock Jepang favoriteku, terlebih khususnya band non-Visual-kei. Buat kalian pecinta serial TOKUSATSU, pasti tahu dong dengan serial ULTRASEVEN X. Nah, di situ Pay money To my Pain juga ikut kebagian menyumbang lagu berjudul Another Day Comes sebagai ending song-nya. Lagu ini juga lah yang membuat Pay money To my Pain semakin dikenal orang. Dan setelah merilis maxi-single Writing in the diary di bulan Juli 2008 lalu, pada tanggal 18 Maret 2009 kemarin Pay money To my Pain merilis album keduanya yang kali ini mengambil tajuk after you wake up. Total lagu yang ada di dalamnya berisikan 9 buah track. Termasuk di dalamnya satu buah lagu yang sempat menjadi opening theme song untuk serial anime One Outs, yaitu Bury. Setelah menyimak album ini secara berulang kali, well, I love this album! Buat kalian yang belum mengenal band ini, percayalah, kalian pasti menyukainya. Dan akan memasukkan nama Pay money To my Pain sebagai salah satu band favorite yang wajib diikuti perjalanan karirnya!

Sekilas profile dari Pay money To my Pain. Band asal kota Tokyo dan terbentuk sejak tahun 2005 ini sekarang di dalamnya berisikan empat orang personil saja. Mereka adalah K [eks GUNDOG] pada posisi vokal, PABLO [eks GIRAFFE, support member FAKE? dan Oblivion Dust] sebagai gitaris, TSUYOSHI [eks DRUG STORE COWBOY] memegang alat bass dan terakhir ZAX [eks Falon] yang tentu saja menggawangi posisi drum. Warna musik yang mereka mainkan, well, bisa aku katakan sedikit menyentuh genre nu-metal dan screamo. Dan musiknya sangat kental dengan band-band heavy-rock Amerika sono. Jadi wajar saja jika sang vokalis di dalam lagu-lagunya selalu beraksi dengan scream-nya yang luar biasa itu. Satu kelebihan dari K, lafal/pengucapan bahasa Inggris-nya top notch! Perfect! Mungkin se-level dengan YAMA-B [eks vokalis Galneryus].

Alright, langsung saja aku mulai review album ini dengan menyimak sebuah tembang pembuka yang dikasih judul Here I'm singing [04:23]. Wow, I really love this song! Sebuah lagu yang sangat pas sekali dibawakan sebagai pembuka album. Benar-benar bisa menaikkan semangat pendengar untuk menyimak album ini lebih lanjut. Intro-nya langsung dibuka dengan permainan riff gitar yang super berat yang mungkin bisa mengajak kalian untuk aksi head-banging. Setelah itu disambung dengan normal-voice dari K yang langsung disambut dengan screaming-verse khas-nya itu. Powerful! Jangan khawatir, lagu ini juga memiliki alur-alur melodi yang catchy. Salah satunya melalui driving bass-line-nya TSUYOSHI.

Diteruskan kemudian dengan lagu berikutnya, Position [02:49]. Kali ini lagunya cukup aggressive dengan ketukan-ketukan drum yang cepat dan high-intense. Simak saja pada bagian verse-nya. Namun seiring lagu berjalan, tempo sesekali menurun dan kembali mengandalkan alunan-alunan nada yang berat. Yup, bisa dikatakan lagu ini cukup progressive! K sepanjang lagu beraksi dengan growl dan screaming-nya. Luar biasa! Apakah kalian ingin berhead-banging-ria sampai leher keseleo? Lagu ini menjadi bahan yang sangat bagus. Btw, kok malah mengingatkan aku dengan lagunya Dir en grey yang berjudul AGITATED SCREAMS OF MAGGOTS itu yah? Hehe....

Selesai Position, disusul lagu selanjutnya, yaitu Lost the voice [03:29]. Nah, ini dia tipikal lagu asli dari band Pay money To my Pain ini. Pada awalnya band ini memang memainkan musik-musik seperti ini, yakni rock yang mengandalkan permainan berat. Jika dibandingkan dengan band manca-negara, mungkin nama CREED menjadi contoh yang sangat pas sekali. Yup, nice song! Aku suka dengan verse-nya, apalagi K membawakan lirik-liriknya dengan lafal bahasa Inggris yang sempurna. Jadinya aku bisa sedikit menangkap pesan dari lagu ini. Chorus-nya juga mantap. Sangat mewakili sekali klimaks dari lagu ini. Oh iya, solo gitar baru bisa dijumpai pada lagu ini. Hmm, aku yakin sekali ini merupakan lagu unggulan yang bisa disimak dalam album ini.

Next song, Price to pay [06:08]. Durasinya memang agak lama. Biasanya jika memiliki durasi lama, lagunya akan seperti apa? Kalau tidak nge-slow ya pasti nge-ballad. Dan begitulah lagu ini. Rada nge-slow dan memainkan tema-tema power-ballad. Verse yang diiringi dengan permainan petikan electric-guitar cukup mewakili nuansa ballad tersebut. K pun mampu membawakan lagu ini dengan penghayatan serta penjiwaan yang penuh. Dan bagian chorus-nya langsung disambut K dengan power-melodic-chorus-nya. Good one! Banyak momen menarik di lagu ini. Contohnya pada aksi solo melodi gitar, iringan akustik gitar [mulai durasi 02:25 s/d 03:55]. Sang drummer, ZAX layak diapresiai dengan ketukan-ketukan drum-nya nge-feeling banget plus power-symbals-nya itu. Nice ending there! What a brilliant song!


Pay money To my Pain ketika masih berlima orang

Dan lagi selanjutnya, yaitu Ligarse [03:01] seakan memberikan tanda kepada kita bahwa album ini telah berjalan setengahnya. Yup, ini hanya lah sebuah track instrumental yang di dalamnya bisa disimak permainan musik yang ringan namun mempunyai sense yang cukup terasa kharismanya. Nuansanya memang sedikit gelap dan misterius.

Dan bagian kedua album ini pun dimulai dengan lagu The answer is not in the TV [04:29], yang mana lagu ini memiliki PV-nya. Buruan cari sono gih! Kembali Pay money To my Pain membangunkan pendengarnya dengan sebuah lagu yang mengalir cukup kencang , dahsyat serta penuh dengan kejutan-kejutan menarik dari permainan berat pada riff gitar-nya. Thanks to PABLO! TSUYOSHI-pun tidak mau kalah. Aksi driving-bass-nya juga terasa berat dan ngotot. Terutama pada bagian chorus-nya. Sekali lagi, lagu ini memang menjadi lagu andalan-nya Pay money To my Pain dalam album ini. K pun menutup lagu ini dengan aksi screaming-nya yang super kickass itu!

Terms of surrender [03:04] adalah lagu berikutnya. Nah ini dia, lagu ter-favoriteku dari semua lagu yang ada. AWESOME! KILLER TRACK! Intro-nya saja sudah dahsyat! Riff-riff pada verse-nya sangat enak banget dijadikan bahan ber-head-banging-ria! Apalagi K membawakan-nya dengan semangat gitu, plus kata-kata kasar-nya: FUCK UP, BULLSHIT! Haha. Tidak sampai di situ saja aggressivitas dari lagu ini. Untuk selanjutnya, tempo semakin meninggi/forcing dengan kocokan-kocokan gitar yang terasa meraung-raung. K top abis di sini! Baik itu harsh-vocal-nya, high-growl dan screaming-nya, kick you in the ass! Tapi anehnya, bagian penutup lagunya kok seperti itu yah? Tiba-tiba sepi dan kalem begitu. Mungkin disesuaikan untuk mood lagu berikutnya kali ya....

Yup, lagu selanjutnya yang berjudul Same as you are [06:30] ini memang memainkan alur yang rada lambat, pelan tapi grooving abis. Lirik-nya juga menggambarkan sisi melankolis dari Pay money To my Pain. Sama seperti lagu Price to pay tadi, chorusnya diisi dengan power-melodic-chorus. Yeah, no more comment from me about this song! This song is great!

Akhirnya sampai juga pada lagu terakhir sekaligus lagu penutup album, yaitu Bury [03:57]. Seperti yang sudah aku katakan di atas tadi, lagu ini menjadi opening song serial anime One Outs. One Outs sendiri merupakan anime yang menceritakan tentang olahraga baseball, salah satu olahraga populer di negara Jepang sono. One Outs telah ada sebelumnya melalui versi manga [sebutan komik Jepang]. Dikarang oleh Shinobu Kaitani dan diterbitkan dalam majalah Business Jump miliknya Shueisha dari tahun 1998 s/d 2006. Berhubung animenya memang anime cowok, sudah bisa ditebak dong bagaimana lagunya. Yup, nge-rock plus positive-feeling banget. Istilahnya, lagu ini seakan-akan mengajak kita untuk selalu tetap semangat dalam meraih sesuatu! Awal lagu cukup soft dengan hanya diiringi oleh petikan-petikan ritem-melodi gitar-nya PABLO dan driving-bass-nya TSUYOSHI. Sampai di pertengahan lagu, barulah musik menjadi berat. See, terasa CREED banget khan? Hehehe... Nice song, btw!

Hell yeah! What a great stuff! Album after you wake up ini secara keseluruhan bisa dibilang merupakan album yang LAYAK untuk disimak. Recommended! Semua lagu yang ada di dalamnya, sungguh, aku menyukainya. Apalagi yang mau aku katakan? Akhir kata, 5/5 bintang. Ditunggu banget deh karya berikutnya dari Pay money To my Pain.

Semoga berkenan. See ya....

Tambahan:
Pay money To my Pain's official site: http://www.paymoneytomypain.com/top/top.html
Pay money To my Pain's official MySpace: http://www.myspace.com/paymoneytomypain
One Outs' official anime website: http://www.ntv.co.jp/oneouts/
DISCOGRAPHY: http://jame-world.com/us/database-artist-discography.php?id=712

Tidak ada komentar:

Posting Komentar